Rabu, 23 Januari 2013

SILABUS BAHASA JAWA KELAS IV


SILABUS
MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV SD
Standar Kompetensi
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa ( ngoko, krama, dialek) (Mendengarkan)
Mampu memahami cerita, puisi dan drama serta dapat memberikan kesan dan dapat mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan  (berbicara)  
Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dengan berbagai teknik membaca bersuara, membaca cepat, membaca indah, dan membaca huruf Jawa (membaca)
Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa (menulis)
Mampu mengapresiasi susastra Jawa (Apresiasi Sastra)


Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi, Sumber, Media
Waktu
Penilaian
Ket.

1.       Kegiatan Sekolah































Mendengarkan/Nyemak

Mendengarkan cerita tentang tokoh-tokoh wayang

Menceritakan sifat-sifat tokoh sastria dalam wayang


·        Siswa mendengarkan cerita pewayangan “Raden Werkudara” yang dibacakan guru
·        Siswa menyebutkan sifat-sifat dalam tokoh bacaan tersebut


Teks  cerita
Buku Remen Basa Jawa hal 2-3
Buku


4 jam pelajaran

Tes tertulis
Tes perbuatan



Berbicara/Micara

Mengajukan dan menjawab pertanyaan

Mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks bacaan secara lisan


·        Siswa membentuk kelompok sesuai dengan naskah drama
·        Siswa berlatih memerankan tokoh dalam naskah drama
·        Antar kelompok, siswa mengajukan pertanyaan dan saling menjawab


Teks drama
Buku Remen Basa Jawa hal 3-4
Buku

Tes perbuatan


Membaca/Maca

Membaca pemahaman
membaca huruf jawa

Menjawab pertanyaan bacaan

Membaca huruf jawa dengan menggunakan sandhangan sederhana

·        Siswa berlatih membaca huruf jawa dengan bimbingan guru
·        Siswa terlibat aktif dalam diskusi tentang cara membaca huruf Jawa
·        Secara berpasangan, siswa berlatih membaca huruf Jawa. Jika ada hal-hal yang belum jelas, dikomunikasikan dengan guru

huruf Jawa
Buku Remen Basa Jawa hal 5-7
Buku, kartu huruf


Tes tertulis
Tes perbuatan


Menulis/Nulis

Menulis dialog/percakapan

Melengkapi percakapan yang belum selesai sesuai dengan isinya

·        Siswa membentuk dalam kelompok dan setiap kelompok berdiskusi menyelesaikan teks drama
·        Siswa mennyimpulkan isinya dengan bimbingan guru.


Teks  percakapan
Buku Remen Basa Jawa hal 7-9
Buku


4 jam pelajaran

Tes tertulis
Tes perbuatan


Apresiasi Sastra

Mengapresiasi tembang macapat

Menyimpulakan isi tembang

Menembangkan tembang macapat




·        Siswa mencermati tembang macapat “Murid Tumemen” dengan bimbingan guru
·        Siswa berlatih menyanyikan tembang macapat dengan bimbingan guru
·        Siswa terlibat aktif dalam diskusi yang membahas isi tembang macapat Durma


Tembang macapat
Buku Remen Basa Jawa hal 9-11
Buku, chart


Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal 11-14


2. Paseduluran

Mendengarkan/Nyemak

Melakukan pembacaan geguritan

Menjelaskan isi geguritan



·        Siswa mendengarkan geguritan “sedulur” yang dibaca guru
·        Siswa menjelaskan isi geguritan secara bersama-sama

Teks  geguritan
Buku Remen Basa Jawa hal 16-17
Buku


4 jam pelajaran

Tes tertulis
Tes perbuatan


Berbicara/Micara

Mengungkap kesan yang paling menarik dari cerita drama geguritan

Menceritakan isi cerita drama, geguritan                   

·        Siswa dibagi kelompok sesuai dengan drama
·        Setiap kelompok secara bergantian memerankan drama dan menyimpukan isi dari drama tersebut. Sementara siswa lain memberi tanggapan yang dilontarkan teman.


Teks  drama
Buku Remen Basa Jawa hal 17-18
buku


Tes lisan
Tesa perbuatan


Membaca/Maca

Membaca cepat


Menjawab pertanyaan bacaan

Menyimpulkan isi bacaan



·        Secara bergiliran, siswa berlatih membaca bersuara “sahabat Pena” dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
·        Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
·        Siswa secara bersama-sama menyimpulkan isi bacaan tersebut

Teks bacaan
Buku Remen Basa Jawa hal 19-21
Buku, kartu huruf

4  jam pelajaran

Tes perbuatan


Menulis/Nulis

Menulis surat

Menulis surat ijin tidak masuk sekolah dengan memperhatikan bagian-bagian surat serta ejaan yang benar

·        Siswa berlatih membuat surat dengan memperhatikan bagian-bagian surat di bantu oleh guru
·        Siswa menanyakan kesulitan-kesulitan dan dipecahkan secara bersama-sama

Teks  surat pribadi
Buku Remen Basa Jawa hal 21-23
Buku

Tes tertulis



Apresasi Sastra

Mengapreasi tembang macapat

Menembang isi tembang macapat

Menanggapi isi tembang macapat




·        Siswa dibagi dalam kelompok kecil, setiap kelompok diwakili satu menyanyikan macapat “Pocung”
·        Siswa berlatih menanggapi dari tembang macapat tersebut


Teks  macapat
Buku Remen Basa Jawa hal 23
Buku

Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal 24-26


3.       Unggah-Ungguh

Membaca/Maca

Mendengarkan cerita teman tentang pengalaman

Menulis ringkasan ceritan   

Menceritakan kembali isi cerita dengan kata-kata sendiri



·       Siswa mendengarkan cerita dari guru “Dikira abot”.
·       Secara individual, berlatih menceritakan kembali bacaan yang dibacakan oleh guru.


Teks  cerita
Buku Remen Basa Jawa hal 28-29
Buku, kartu huruf


4  jam pelajaran

Tes tertulis
Tes perbuatan


Berbicara/Micara

Bercerita atau menjelaskan pengalaman yang menarik

Menceritakan penglaman pribadi

·       Secara bergantian siswa menceritakan pengalaman yang paling menarik.
·       Siswa diminta memberi tanggapan dari cerita yang dibaca temannya.


Cerita Pengalaman
Buku Remen Basa Jawa hal 29-30
Buku, lingkungan


Tes tertulis
Tes perbuatan


Membaca/Maca

Membaca cepat

Membaca huruf jawa

Menyimpulkan isi bacaan

Membaca huruf jawa dengan sandhangan

·       Siswa membaca bacaan “JMP Diancam Bom” secara bersama-sama
·       Secara individual siswa menyimpulkan dari bacaan tersebut.
·       Siswa berlatih membaca huruf jawa dengan menggunakan sandangan di bimbing oleh guru


Teks cerita
Buku Remen Basa Jawa hal 30-33
Buku


Tes tertulis
Tes perbuatan


Menulis/Nulis

Menulis dialog atau percakapan

Mengubah dialog menjadi narasi dengan bahasa sendiri



·         Siswa membaca dialog yang sudah disediakan guru
·         Siswa mengubah dialog menjadi narasi dengan menggunakan bahasa ngoko atau krama


Teks percakapan atau  dialog
Buku Remen Basa Jawa hal 33-34
Buku, chart

4  jam pelajaran

Tes tertulis
Tes perbuatan


Apresasi Sastra

Mengapresiasi cerita rakyat atau dongeng

Menuliskan kembali isi cerita



·         Siswa ditugasi untuk mencari sebuah cerita
·         Siswa menarik simpulan dari cerita yang dibaca dengan bimbingan guru
·         Siswa menceritakan kembali certa yang dibawa/diringkas.

cerita rakyat
Buku Remen Basa Jawa hal 34-36
Buku, gambar

Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal 36-38



4. Dadi Pramuka

Membaca/Maca

Membaca bersuara

Membaca huruf jawa

Membaca bersuara teks bacaan dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat

Menjawab pertanyaan

Membaca huruf jawa dengan menggunakan sandangan sederhana

·         Secara klasikal, siswa memperhatikan bacaan yang dibacakan guru.
·         Siswa membaca kembali bacaan yang telah dibaca oleh guru dengan memperhatikan lafal dan intonasinya
·         Siswa menjawab pertanyaan
·         Siswa membaca huruf jawa yang menggunakan sandhangan.

Teks bacaan
Buku Remen Basa Jawa hal 40-43
Buku, kartu huruf

4  jam pelajaran

Tes tertulis
Tes perbuatan


Menulis/Nulis

Menulis eksposisi (menjelaskan cara membuat sesuatu).

Menulis tata cara/urutan membuat sesuatu (membuat mainan, pupuk, alat rumah tangga, dan sebagainya

·         Siswa mengamati suatu benda misalnya tempat surat dari kertas.
·         Siswa berlatih untuk membuatnya sesuai dengan langkah-langkahnya.
·         Siswa menulis tata urutan tadi dalam membuat tempat laying dari kertas dan dikumpulkan beserta tempat laying yang telah dibuat.


Teknik pemaparan  
Buku Remen Basa Jawa hal 43-44
Buku, lingkungan

Tes tertulis
Tes perbuatan


Mendengarkan/Nyimak

Mendengarkan cerita tentang pengalaman

Menyimpulkan isi cerita

Menanggapi isi cerita.


·         Setiap siswa menceritakan pengalaman yang menarik ataupun sedih.
·         Teman yang lain memberikan tanggapan dari cerita temannya dan memberikan simpulan dari cerita tadi.


Cerita pengalaman
Buku Remen Basa Jawa hal 45
Buku, lingkungan


Tes tertulis



Berbicara/Micara

Bercerita menjelaskan pengalaman yang menarik

Menceritakan pengalaman pribadi

Menjawab pertanyaann yang diajukan secara lisan

·         Secara bergantian siswa menceritakan pengalaman pribadinya
·         Setiap siswa saling mengajukan pertanyaan dan teman yang lain menjawabnya.

Cerita pengalaman menarik
Buku Remen Basa Jawa hal 46-47
Buku, lingkungan


Tes tertulis
Tes perbuatan


Apresasi Sastra

Menceritakan kembali isi cerita anak

Mampu membaca dan menceritakan kembali cerita anak.





·         Siswa membaca dalam hati cerita “Toni Ora Munggah kelas”.
·         Siswa menceritakan kembali dengan bahasanya sendiri.

Cerita Anak
Buku Remen Basa Jawa hal 47-50
Buku, chart, gambar

Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal 51-52


5. Budi Pekerti

Mendengarkan/Nyimak

Mendengarkan pembacaan teks karangan siswa

Menyimpulkan isi teks

Memberikan komentar atau tanggapan terhadap karangan siswa

·         Salah satu siswa membacakan sebuah karangan “Dikira Nantang”
·         Siswa menulis kata-kata sukar dalam karangan tersebut.
·         Siswa diminta memberikan komentar dari karangan yang dibacakan oleh temannya.
·         Tugas siswa membuat sebuah karangan yang paling menrik.

Karangan
Buku Remen Basa Jawa hal 54-55
Buku, chart, lingkungan

4  jam pelajaran

Tes lisan
Tes perbuatan


Berbicara/Micara

Mengungkapkan kesan yang paling menarik, cerita drama


Menceritakan isi drama

·         Siswa membaca dalam hati sebuah drama yang disediakan oleh guru
·         Siswa secara bergantian menceritakan kembali drama tersebut dan menyebutkan tokoh dan wataknya.


Drama
Buku Remen Basa Jawa hal 55-56
Buku, chart, lingkungan

Tes perbuatan


Membaca/Maca

Membaca bersuara

Membaca bersuara teks bacaan dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat

Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan

·         Siswa membaca bersama-sama “Didhawuhi Ibu Guru” dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
·         Menjawab pertanyaan secara lisan oleh guru

Teks bacaan
Buku Remen Basa Jawa hal 56-58
Buku, chart, gambart

4  jam pelajaran

Tes tertulis
Tes perbuatan


Menulis/Nulis

Menulis deskripsi keindahan alam dan sebagainya

Mendeskripsikan sesuatu secara tertulis dalam ragam tertentu

·         Siswa melakukan pengamatan terhadap benda ataupun alam sekitar
·         Siswa berlatih mendeskripsikan apa yang telah dia amati.

Pengamatan
Buku Remen Basa Jawa hal 58-59
Buku, gambar, lingkungan

Tes perbuatan


Apresasi sastra

Mengapresiasikan cerita rakyat atau dongeng

Membuat ringkasan cerita rakyat (dongeng)

·         Guru membacakan sebuag cerita “Jaka Kendhil”
·         Siswa meringkas dari cerita tadi dan membacakan satu persatu kedepan kelas.
·         Siswa disuruh membuat cerita daerah/cerita rakyat.

Dongeng
Buku Remen Basa Jawa hal 60-64
Buku, koran, majalah

Tes tertulis
Tes Gladhi Kompetensi hal 65-68



6. Hidup Rukun

Mendengarkan/Nyimak

Mendengarkan cerita tentang tokoh-tokoh wayang

Menceritakan sifat-sifat tokoh sastria dalam pewayangan

Menjelaskan sifat tokoh-tokoh dengan bahasa sendiri



·         Siswa mendengarkan cerita “Raden Arjuna” yang telah dibacakan guru.
·         Siswa menceritakan sifat-sifat tokoh satria dalam pewayangan dan menjelaskanya dengan menggunakan bahasa ngoko atau krama.


Pewayangan
Buku Remen Basa Jawa hal 70-71
Buku, gambar

4  jam pelajaran

Tes tertulis
Tes perbuatan


Berbicara/Micara

Mengungkap kesan yang paling menarik dari cerita drama geguritan

Menceritakan isi cerita drama, geguritan

·         Siswa dibagi dalam kelompok, yaitu kelompok geguritan dan drama.
·         Setiap kelompok memerankan dengan ekspresi sesuai dengan teksnya.
·         Secara individu siswa menceritakan kembali dengan menggunakan bahasa sendiri yaitu geguritan dan drama.

Geguritan dan drama
Buku Remen Basa Jawa hal 72-73
Buku, chart, lingkungan

Tes tertulis



Membaca/Maca

Membaca huruf jawa

Membaca huruf jawa dengan sandangan/pasangan sederhana 

·         Secara bergantian siswa membaca huruf jawa dengan sandhangan dibimbing oleh guru.
·         Siswa membaca apa yang ditulis oleh guru secara bersama-sama


Teks bacaan jawa
Buku Remen Basa Jawa hal 74
Buku

Tes tertulis
Tes perbuatan


Menulis/Nulis

Menulis deskripsi keindahan alam dan sebagainya

Mendeskripsikan sesuatu secara tertulis dalam ragam tertentu

·         Siswa melakukan pengamatan lingkungan sekitar, seperti pegunungan, kebun dll.
·         Secara lisan siswa mendeskripsikan apa yang dia lihat.
·         Guru menyediakan gambar dan siswa berlatih untuk mendeskripsikan gambar tersebut.

Pengamatan
Buku Remen Basa Jawa hal 75-76
Buku, gambar

2 jam pelajaran

Tes tertulis
Tes perbuatan


Apresasi sastra

Mengapresiasi susastra jawa (cerita wayang)

Menceritakan watak tokoh wayang dalam cerita wayang

Memerankan wayang







·         Guru membacakan sebuah cerita “Raden Werkudara”
·         Siswa menceritakan watak tokoh dalam cerita yang dibacakan guru.
·         Siswa memerankan wayang sesuai dengan wataknya masing-masing dan yang lainnya memebrikan tanggapan.

Cerita wayang
Buku Remen Basa Jawa hal 76-79
Buku, gambar

Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal 79-82


7. Suka dan Duka












Mendengarkan/Nyemak

Mendengarkan pembacaan geguritan

Menjelaskan isi geguritan

·         Salah satu siswa membaca geguritan “Sawindunan”
·         Secara berkelompok siswa berdiskusi untuk menjelaskan isi dari geguritan tersebut.


Geguritan
Buku Remen Basa Jawa hal 84-85
Buku

2 jam pelajaran

Tes tertulis



Berbicara/Micara

Mengajukan dan menjawab pertanyaan

Mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks bacaan secara lisan

·         Siswa dibagi dalam kelompok, setiap kelompok membaca teks ‘ Sop Sialan”
·         Secara bergantian saling memberikan pertanyaan dan kelompok yang lain menjawab.


Teks bacaan
Buku Remen Basa Jawa hal 85-86
Buku

Tes tertulis
Tes perbuatan


Membaca/Maca

Membaca indah

Membacakan geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat

·         Siswa membaca dengan indah geguritan “ Puspa saking Keng Putra” dengan lafal dan intonasi yang tepat, secara bergantian

Geguritan
Buku Remen Basa Jawa hal 87-88
Buku, chart

Tes tertulis



Menulis/Nulis

Menulis dialog atau percakapan

Mengubah percakapan dalam narasi dengan bahasa sendiri

·         Siswa memperagakan sebuah dialog.
·         Siswa  mengubah percakapan atau dialog menjadi sebuah narasi.
·         Siswa diberi tugas untuk mencari di Koran atau majalah sebuah percakapan kemudian mengubah menjadi narasi dan menyebutkan watak tokoh dalam percakapan yang dia dapat.

Dialog
Buku Remen Basa Jawa hal 88-89
Buku, majalah, koran

4 jam pelajaran

Tes tertulis



Apresasi Sastra

Mengapresiasi cerita anak

Menuliskan amanat yang terkandung dalam cerita anak

·         Siswa memperhatikan cerita anak “Ukuman Kanggo arum”
·         Siswa menuliskan amanat dalam cerita anak tersebut dan menyampaikannya kedepan kelas.


Cerita anak
Buku Remen Basa Jawa hal 89-90
Buku, lingkungan

Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal 91-92


8. Bercocok Tanam

Mendengarkan/Nyemak

Mengapresiasikan tembang macapat

Menembang tembang macapat

·         Siswa berlatih menembag macapat “Mijil”
·         Secara bergantian siswa menyanyikan mijil kedepan kelas.

Macapat
Buku Remen Basa Jawa hal 94
Buku

4  jam pelajaran

Tes tertulis
Tes perbuatan


Berbicara/Micara

Mengajukan dan menjawab pertanyaan

Mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks bacaan secara lisan

·         Siswa mendengarkan sebuah cerita “ Ajar Macul” yang dibacakan oleh guru.
·         Secara berkelompok saling mengajukan pertanyaan dan saling menjawabnya.

Teks bacaann
Buku Remen Basa Jawa hal 95-96
Buku, lingkungan

Tes tertulis
Tes perbuatan


Membaca/Maca

Membaca huruf jawa

Membaca huruf jawa dengan sandangan dan pasangan sederhana

Menceritakan isi geguritan





·         Siswa berlatih membaca huruf jawa dengan menggunakan sandangan dan pasangan, dibimbing oleh guru.
·         Secara bersama-sama siswa menyanyikan Gefguritan “Reroncene Kadang Tani”
·         Siswa secara individual menceritakan isi geguritan dengan bahasa ngoko ataupun krama

Huruf jawa
Buku Remen Basa Jawa hal 96-98
Buku, kartu huruf

Tes tertulis
Tes perbuatan


Menulis/Nulis

Mendeskripsikan keindahan alam dan sebagainya

Mendeskripsikan sesuatu secara tertulis dalam ragam tertentu

·         Siswa melakukan pengamatan disekitar rumah ataupun disekolahan, kemudian menuliskannya dan membacaan didepan kelas.
·         Siswa mendeskrisikan gambar yang di perlihatkan oleh guru secara lisan.

pengamatan
Buku Remen Basa Jawa hal 98-99
Buku, chart, gambar

2 jam pelajaran

Tes tertulis



Apresasi sastra

Menyanyikan tembang macapat

Menembangkan tembang macapat

·         Siswa menyanyikan macapat “gambuh” secara bersama-sama di bimbing oleh guru.
·         Secara bergantian sswa setiap kelompok untuk menyanyikan “gambuh” dengan lafal dan intonasi yang tepat.


Tembang macapat
Buku Remen Basa Jawa hal 99-100
Buku, chart, gambar

Tes tertulis
Tes Gladhi Kompetensi hal 100-102



9. Sopan santun

Mendengarkan

Mendengarkan cerita tentang lingkungan budaya

Menulis pokok cerita tiap paragraph

Menulis hal-hal yang menarik

Menceritakan kembali isi bacaan atau cerita yang didengarkan dengan menggunakan bahasa ragam tertentu.

·         Sebelum pelajaran siswa menyebutkan budaya apa saja yang kita miliki.
·         Guru  membacakan sebuah bacaan “Melu Sanggar Beksan”
·         Secara berpasangan siswa menulis pokok cerita tiap paragraph dan hal-hal yang menarik.
·         Secara individu siswa menceritakan kembali dari  isi bacaan yang telah ia dengar dengn menggunakan bahasa ragam tertentu.


Cerita lingkungan budaya
Buku Remen Basa Jawa hal 104-105
Buku, chart, lingkungan

4 jam pelajaran

Tes tertulis



Berbicara/Micara

Bercerita atau menjelaskan pengalaman yang menarik

Menceritakan pengalaman pribadi

Menjawab pertanyaan yang diajukan secara lisan

·         Secara bergantian siswa menceritakan pengalaman pribadi yang plaing menarik.
·         Siswa yang lain memberikan pertanyaan secara lisan dan menjawabnya secara lisan pula.


Pengalaman menarik
Buku Remen Basa Jawa hal 105-106
Buku, lingkungan


Tes tertulis



Membaca/Maca

Membaca teks secara intensif

Mempu memahami teks dan menyusun ringkasannya

·         Guru membacakan teks bacaan secara intensif
·         Siswa menyusun ringkasanj dan membacakannya kedepan kelas.


Teks bacaan
Buku Remen Basa Jawa hal 106-107
Buku, chart

Tes tertulis



Menulis/Nulis

Mendeskripsikan keindahan alam dan sebagainya

Mendeskripsikan sesuatu secara tertulis dalam ragam tertentu

·         Siswa melakukan pengamatan keindahan alam sekitar.
·         Siswa membentuk kelompok dan mendeskripsikan gambar yang diberikan oleh guru dengan menggunakan basa ngoko ataupun krama.
·         Setiap kelompok membacakan hasilnya.


Pengamatan
Buku Remen Basa Jawa hal 107-108
Buku, lingkungan alam

2 jam pelajaran

pengamatan
Tes tertulis


Apresiasi sastra

Mengapresiasi susastra jawa

Menceritakan watak tokoh dalam cerita wayang

Mendeskripsikan tokoh

·         Salah satu dari siswa membacakan cerita pewayangan “Laire Gathutkaca”
·         Siswa dibagi dalam kelompok setiap kelompok menceritakan watak tokoh dalam cerita dan mendeskripsikannya.

Susastra jawa
Buku Remen Basa Jawa hal 108-110
Buku, chart, majalah, lingkungan

Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes Gladhi Kompetensi hal 110-113




                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar