Rabu, 23 Januari 2013

RPP BAHASA JAWA KELAS IV SEWAKTU KS DI GADING II SEKARANG GD I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA JAWA


Kelas IV Semester 2

SDN GADING I
Jl. Kenjeran No. 293


Oleh
Drs. Rudy Sugeng Prayitno

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    :  Bahasa Jawa
Kelas                                  : IV (Empat)
Semester                            : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)

Standar Kompetensi
Mendengarkan         : Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan cerita teman, cerita rakyat, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegemaran.

Kompetensi Dasar

Mendengarkan/Nyemak

Mendengarkan pembacaan geguritan

Indikator

Menjelaskan isi geguritan

A.      Tujuan Pembelajaran
  1. Murid mampu membaca kosa kata dengan lafal dan nada yang tepat.
  2. Murid mampu mengartikan kosa kata yang dibaca.
  3. Murid mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan gegurutan
  4. Murid dapat membuat geguritan dengan menggunakan Sandiasma

B.        Materi Ajar

        Geguritan :
                                                  GURU

            Rasaning wong dadi guru
                   Ulaha prawira yekti
                   Dadi Tuladhaning bangsa
                   Ing tembe bisa mandiri

                             Sugih dening pangapura
                             Uga kudu akeh ilmu
                             Gunani tumrap negara
                             Endah sulistyo pawarta
                             Ning donya lan akherat
                             Gone padha gulah wento
                             Pinaring restuning Gusti Allah

C.         Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegarasi dan kontekstual
  2. Student Active Learning (SAL).
D.         Langkah-langkah Kegiatan
1.         Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada semester lalu.

2.         Kegiatan Inti

·         Salah satu siswa membaca geguritan
·         Secara berkelompok siswa berdiskusi untuk menjelaskan isi dari geguritan tersebut.
        Membuat geguritan dengan menggunakan sandiasma

3.         Kegiatan Penutup
a.        Menjawab pertanyaan-pertanyaan lisan.
b.       Membahas jawaban bersama-sama 

E.     Sumber/Bahan Belajar

  1. Buku Sinau Bahasa Jawa
  2. Geguritan karangan guru
  3. Pepak Bahasa Jawa
  4. Lembar Kegiatan Siswa

F.       Penilaian
Teknik             :   Pelafalan, nada, dan artikulasi.
      Produk            :   Hasil karya siswa


Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                      NIP. 19611120 198201 1 008







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)



Standar Kompetensi
Berbicara : Mampu memahami cerita, puisi dan drama serta dapat memberikan kesan dan dapat mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan.

Kompetensi Dasar

Berbicara/Micara

Mengajukan dan menjawab pertanyaan

Indikator

Mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks bacaan secara lisan


A.      Tujuan Pembelajaran
1.       Murid mampu mendengar dan mengerti arti dari kosa kata dan teks yang dibacakan.
2.       Murid mampu menyimak teks yang dibacakan guru atau yang terekam di kaset.
3.       Murid mampu mendengarkan isi kosa kata dan teks dengan baik.

B.Materi Ajar

Teks bacaan


C.Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Terintegrasi dan kontekstual.
2.       Student Active Learning (SAL).

D.      Langkah-langkah Kegiatan
  1. Kegiatan Awal
Guru mengulangi pelajaran pada sesi pertama.

2.       Kegiatan Inti

·         Siswa dibagi dalam kelompok, setiap kelompok membaca teks
·         Secara bergantian saling memberikan pertanyaan dan kelompok yang lain menjawab.

3.       Kegiatan Penutup
                Menjawab pertanyaan guru.

E.      Sumber/Bahan Relajar
1.       Buku
2.       Lembar Kerja Siswa (LKS)..



F.       Penilaian
Teknik                                           :               Pelafalan, nada, dan artikulasi.


Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)



Standar Kompetensi
Membaca                             :
Mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan teknik membaca bersuara, membaca indah, membaca cepat, dan membaca huruf  Jawa.

Kompetensi Dasar

Membaca/Maca

Membaca indah

Indikator

Membacakan geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat

A.      Tujuan Pembelajaran
1.       Murid mampu membuat percakapan/dialog tentang meminjam barang dari seorang teman.
2.       Murid mampu bertanya jawab dengan guru dan teman.

B.      Materi Ajar

Geguritan

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Terintegrasi dan kontekstual.
2.       Student Active Learning (SAL).

D.      Langkah-langkah Kegiatan
1.       Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi kedua.

2.       Kegiatan Inti

Siswa membaca dengan indah geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat, secara bergantian

3.       Kegiatan Penutup
Mempraktekkan di depan kelas secara bergantian.

E.      Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).



F.       Penilaian
Teknik                                           :               Pertunjukan.

Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)



Standar Kompetensi
Menulis : Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa..

Kompetensi Dasar

Menulis/Nulis

Menulis dialog atau percakapan

Indikator

Mengubah percakapan dalam narasi dengan bahasa sendiri


A.      Tujuan Pembelajaran
  1. Murid mampu menulis kosa kata dan kalimat dengan aksara Jawayang benar.
  2. Murid mampu menuliskan kembali kalimat yang didengarnya dengan aksara Jawayang tepat.
  3. Murid mampu menuliskan kosa kata dan teks yang didengarnya dengan aksara Jawa.
  4. Murid mampu membuat kalimat dengan aksara Jawa.

B.      Materi Ajar

Dialog

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual
  2. Student Active Learning (SAL).

D.      Langkah-langkah Kegiatan

1.       Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi ketiga.

2.       Kegiatan Inti

·         Siswa memperagakan sebuah dialog.
·         Siswa  mengubah percakapan atau dialog menjadi sebuah narasi.
·         Siswa diberi tugas untuk mencari di Koran atau majalah sebuah percakapan kemudian mengubah menjadi narasi dan menyebutkan watak tokoh dalam percakapan yang dia dapat.

3.                               Kegiatan Penutup
Membuat kalimat sederhana dengan aksara Jawa.

E. Sumber/Bahan Relajar
1.       Buku
2.       Lembar Kerja Siswa (LKS).



E.      Penilaian
Teknik                                           :               Tulisan dan lisan


Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)


Standar Kompetensi
Apresiasi sastra                  :
Mampu mengapresiasi Susastra Jawa: cerita rakyat, dongeng, cerita wayang, geguritan dan tembang macapat.

Kompetensi Dasar

Apresasi Sastra

Mengapresiasi cerita anak

Indikator

Menuliskan amanat yang terkandung dalam cerita anak


  1. Tujuan Pembelajaran
  1. Murid mampu membaca dan mengucapkan kata-kata dengan lafal dan nada yang tepat.
2.       Murid mampu memahami kalimat dan pesan tertulis tentang membeli barang.

  1. Materi Ajar

Cerita anak


  1. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
2.       Student Active Learning (SAL).

  1. Langkah-langkah Kegiatan
  1. Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran sesi keempat.

2.       Kegiatan Inti

·         Siswa memperhatikan cerita anak
·         Siswa menuliskan amanat dalam cerita anak tersebut dan menyampaikannya kedepan kelas.

3.       Kegiatan Penutup
Memjawab pertanyaan.

E. Sumber/Bahan Relajar
1.       Buku
2.       Lembar Kerja Siswa (LKS).


  1. Penilaian
Teknik                                           :               Pelafalan dan kinerja.

Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)




Standar Kompetensi
Mendengarkan                  :
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan cerita teman, cerita rakyat, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegemaran.

Kompetensi Dasar

Mendengarkan/Nyemak

Mengapresiasikan tembang macapat
Indikator

Menembang tembang macapat

A.      Tujuan Pembelajaran
1.       Murid mampu mendengarkan ucapan dengan baik dan merespon instruksi dengan tepat.
2.       Murid mampu melafalkan kosa kata tentang surat dengan ucapan  yang benar.
3.       Murid mampu menjawab dan menulis kata yang didiktekan guru dengan aksara Jawa.

B.                                          Materi Ajar

Macapat

C.                                          Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual
  2. Student Active Learning (SAL).

D.                                          Langkah-langkah Kegiatan

  1. Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi kelima.

  1. Kegiatan Inti

·         Siswa berlatih menembag macapat
·         Secara bergantian siswa menyanyikan mijil kedepan kelas.

  1. Kegiatan Penutup
Menjawab pertanyaan yang berkaitan yang berkaitan dengan lafal menulis surat.

E. Sumber/Bahan Relajar
1.       Buku
2.       Lembar Kerja Siswa (LKS).


F.       Penilaian
Teknik                                           :               Pengucapan dan tertulis.

Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)



Standar Kompetensi
Berbicara :
Mampu memahami cerita, puisi dan drama serta dapat memberikan kesan dan dapat mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan.

Kompetensi Dasar

Berbicara/Micara

Mengajukan dan menjawab pertanyaan

Indikator

Mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks bacaan secara lisan


A.      Tujuan Pembelajaran
  1. Murid mampu mengucapkan pernyataan sopan dengan benar.
  2. Murid mampu bertanya jawab dengan guru dan teman.
  3. Murid mampu merespon pertanyaan sopan.

B.      Materi Ajar

Teks bacaann


C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
  2. Student Active Learning (SAL).

D.      Langkah-langkah Kegiatan

1.                               Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi keenam.

2.                               Kegiatan Inti

·         Siswa mendengarkan sebuah cerita yang dibacakan oleh guru.
·         Secara berkelompok saling mengajukan pertanyaan dan saling menjawabnya.

3.                               Kegiatan Penutup
Merespon pertanyaan sopan.

E.      Sumber/Bahan Relajar
1.       Buku
2.       Lembar Kerja Siswa (LKS).

F.       Penilaian
Teknik                                           :               Pertunjukan


Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)



Standar Kompetensi
Membaca                             :
Mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan teknik membaca bersuara, membaca indah, membaca cepat, dan membaca huruf  Jawa.

Kompetensi Dasar

Membaca/Maca

Membaca huruf jawa

Indikator

Membaca huruf jawa dengan sandangan dan pasangan sederhana

Menceritakan isi geguritan

A.      Tujuan Pembelajaran
1.       Murid mampu membuat kalimat sederhana.
2.       Murid mampu merangkai kata menjadi kalimat.
3.       Murid mampu membuat dan menulis surat ucapan terima kasih.

B.      Materi Ajar

Huruf jawa

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
  2. Student Active Learning (SAL).

D.      Langkah-langkah Kegiatan
.
1.                               Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi ketujuh.

2.                               Kegiatan Inti

·         Siswa berlatih membaca huruf jawa dengan menggunakan sandangan dan pasangan, dibimbing oleh guru.
·         Secara bersama-sama siswa menyanyikan Gefguritan “Reroncene Kadang Tani”
·         Siswa secara individual menceritakan isi geguritan dengan bahasa ngoko ataupun krama

3.                               Kegiatan Penutup
Merancang dan menulis surat ucapan terima kasih.

E.      Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).
  3. Dongeng/Tembang Jawa.


F.       Penilaian
Teknik                                           :               Tulisan.


Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)



Standar Kompetensi
Menulis : Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa..

Kompetensi Dasar

Menulis/Nulis

Mendeskripsikan keindahan alam dan sebagainya

Indikator

Mendeskripsikan sesuatu secara tertulis dalam ragam tertentu


  1. Tujuan Pembelajaran
  1. Murid mampu membaca kosa kata dengan lafal dan nada yang benar.
  2. Murid mampu membaca teks dengan lafal dan nada yang benar.
  3. Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan arah.

  1. Materi Ajar

pengamatan

  1. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
  2. Student Active Learning (SAL).

  1. Langkah-langkah Kegiatan
  1. Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran sesi kedelapan.

  1. Kegiatan Inti

  1. Siswa melakukan pengamatan disekitar rumah ataupun disekolahan, kemudian menuliskannya dan membacaan didepan kelas.
  2. Siswa mendeskrisikan gambar yang di perlihatkan oleh guru secara lisan.

  1. Kegiatan Penutup
Menjawab pertanyanyaan seputar berobat.

  1. Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).
  3. Dongeng/Tembang Jawa.

  1. Penilaian
Teknik                                           :               Pelafalan, nada, artikulasi, dan tertulis.

Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)


Standar Kompetensi
Mendengarkan                  :
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan cerita teman, cerita rakyat, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegemaran.

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

Mendengarkan cerita tentang lingkungan budaya

Indikator
Menulis pokok cerita tiap paragraph
Menulis hal-hal yang menarik
Menceritakan kembali isi bacaan atau cerita yang didengarkan dengan menggunakan bahasa ragam tertentu.

A.      Tujuan Pembelajaran
1.       Murid mampu mendengar dan mengerti arti dari kosa kata yang dibacakan.
2.       Murid mampu memahami kosa kata dan teks yang didengar.
3.       Murid mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kosa kata yang didengar .

B.      Materi Ajar

Cerita lingkungan budaya

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Terintegrasi dan kontekstual.
2.       Student Active Learning (SAL).

D.      Langkah-langkah Kegiatan

  1. Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi kesembilan

  1. Kegiatan Inti

·         Sebelum pelajaran siswa menyebutkan budaya apa saja yang kita miliki.
·         Guru  membacakan sebuah bacaan
·         Secara berpasangan siswa menulis pokok cerita tiap paragraph dan hal-hal yang menarik.
·         Secara individu siswa menceritakan kembali dari  isi bacaan yang telah ia dengar dengn menggunakan bahasa ragam tertentu.

  1. Kegiatan Penutup
a.                               Mempraktekkan di depan kelas secara bergantian.
b.                               Menjawab pertanyaan guru.

E.      Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku.
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).

F.       Penilaian
Teknik                                           :               Lisan.

Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)


Standar Kompetensi
Membaca :
Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dengan berbagai teknik membaca bersuara, membaca cepat, membaca indah, dan membaca huruf Jawa.

Kompetensi Dasar

Membaca/Maca

Membaca teks secara intensif

Indikator

Mempu memahami teks dan menyusun ringkasannya

A.      Tujuan Pembelajaran
  1. Murid mampu menghafalkan dan menyebutkan kosa kata berobat dengan benar.
  2. Murid mampu menceritakan kembali isi teks yang didengarnya dengan benar dengan ucapan yang tepat.
  3. Murid mampu mengucapkan pernyataan sopan dengan benar.
  4. Murid mampu merespon pertanyaan sopan.

B.      Materi Ajar

Teks bacaan

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
  2. Student Active Learning (SAL).

D.      Langkah-langkah Kegiatan
               
1.       Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi kesepuluh.

2.       Kegiatan Inti

·         Guru membacakan teks bacaan secara intensif
·         Siswa menyusun ringkasanj dan membacakannya kedepan kelas.

3.       Kegiatan Penutup
a.                               Mempraktekkan secara bergantian di depan kelas.
b.                               Menjawab pertanyaan guru.

E.      Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).



F.       Penilaian
Teknik                                           :               Pelafalan, nada, artikulasi

Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)


Standar Kompetensi
Menulis : Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa..

Kompetensi Dasar

Menulis/Nulis

Mendeskripsikan keindahan alam dan sebagainya

Indikator
Mendeskripsikan sesuatu secara tertulis dalam ragam tertentu


A.      Tujuan Pembelajaran
  1. Murid mampu menyusun paragraf deskriptif sederhana.
  2. Murid mampu menulis dalam aksara Jawa.
  3. Murid mampu menghitung jumlah guratan suatu aksara Jawa.
  4. Murid mampu menulis kalimat dan paragraf dalam aksara Jawa.

B.      Materi Ajar

Pengamatan


C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
  2. Student Active Learning (SAL).

D.      Langkah-langkah Kegiatan
                .
1.       Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi kesebelas.

2.       Kegiatan Inti

·         Siswa melakukan pengamatan keindahan alam sekitar.
·         Siswa membentuk kelompok dan mendeskripsikan gambar yang diberikan oleh guru dengan menggunakan basa ngoko ataupun krama.
·         Setiap kelompok membacakan hasilnya.

3.       Kegiatan Penutup
Membahas dialog yang telah dibuat secara garis besar.

E.      Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku .
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).


F.       Penilaian
Teknik                                           :               Tulisan.




Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)


Standar Kompetensi
Menulis : Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa..

Kompetensi Dasar

Menulis/Nulis

Mendeskripsikan keindahan alam dan sebagainya

Indikator

Mendeskripsikan sesuatu secara tertulis dalam ragam tertentu



  1. Tujuan Pembelajaran
  1. Murid mampu membaca kosa kata dengan lafal dan nada yang benar.
  2. Murid mampu memahami arti kosa kata yang dibaca.
  3. Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan mengirim surat.

  1. Materi Ajar

Pengamatan

  1. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
  2. Student Active Learning (SAL).

  1. Langkah-langkah Kegiatan

  1. Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran sesi kedua belas.

  1. Kegiatan Inti

·         Siswa melakukan pengamatan keindahan alam sekitar.
·         Siswa membentuk kelompok dan mendeskripsikan gambar yang diberikan oleh guru dengan menggunakan basa ngoko ataupun krama.
·         Setiap kelompok membacakan hasilnya.

  1. Kegiatan Penutup
1.       Menjawab pertanyaan-pertanyaan tertulis.
2.       Membahas jawaban bersama-sama.

  1. Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).


  1. Penilaian
Teknik                                           :               Pelafalan, nada, artikulasi, dan tertulis.

Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                 NIP. 19611120 198201 1 008



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)



Standar Kompetensi
Berbicara :
Mampu memahami cerita, puisi dan drama serta dapat memberikan kesan dan dapat mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan.

Kompetensi Dasar

Berbicara/Micara

Mengajukan dan menjawab pertanyaan

Indikator

Mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks bacaan secara lisan


A.      Tujuan Pembelajaran
1.       Murid mampu mendengar dan mengerti arti dari kosa kata dan isi teks yang dibacakan.
2.       Murid mampu mencocokkan gambar.
3.       Murid mampu mendengarkan ucapan dengan baik dan merespon insruksi dengan tepat.

B.      Materi Ajar

Teks drama


C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
  2. Student Active Learning (SAL).

D.      Langkah-langkah Kegiatan
               
  1. Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi ketiga belas

  1. Kegiatan Inti

·        Siswa membentuk kelompok sesuai dengan naskah drama
·        Siswa berlatih memerankan tokoh dalam naskah drama
·        Antar kelompok, siswa mengajukan pertanyaan dan saling menjawab

  1. Kegiatan Penutup
Mencocokkan gambar dengan nama yang sesuai.

E.      Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).


F.       Penilaian
Teknik                                           :               Tertulis.

Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)



Standar Kompetensi
Berbicara :
Mampu memahami cerita, puisi dan drama serta dapat memberikan kesan dan dapat mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan.

Kompetensi Dasar

Membaca/Maca

Membaca pemahaman
membaca huruf jawa

Indikator

Menjawab pertanyaan bacaan

Membaca huruf jawa dengan menggunakan sandhangan sederhana



A.      Tujuan Pembelajaran
  1. Murid mampu membuat kalimat sederhana untuk menyebutkan jenis-jenis surat.
  2. Murid mampu menceritakan dan menanyakan tentang isi teks dan dialog.
  3. Murid mampu bertanya jawab tentang macam-macam jenis surat.

B.      Materi Ajar

huruf Jawa

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
  2. Student Active Learning (SAL).

D.      Langkah-langkah Kegiatan

1.                               Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi keempat belas.

2.       Kegiatan Inti

·        Siswa berlatih membaca huruf jawa dengan bimbingan guru
·        Siswa terlibat aktif dalam diskusi tentang cara membaca huruf Jawa
·        Secara berpasangan, siswa berlatih membaca huruf Jawa. Jika ada hal-hal yang belum jelas, dikomunikasikan dengan guru

3.                               Kegiatan Penutup
Menceritakan kembali isi teks dan dialog yang dibacanya.

E.      Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).

F.       Penilaian
Teknik                                   :               Lisan, pelafalan, dan nada.

Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)


Standar Kompetensi
Menulis : Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa..

Kompetensi Dasar

Menulis/Nulis

Menulis dialog/percakapan

Indikator

Melengkapi percakapan yang belum selesai sesuai dengan isinya

A.      Tujuan Pembelajaran
  1. Murid mampu menghitung jumlah guratan.
  2. Murid mampu menuliskan kembali kalimat yang didengarnya dengan aksara Jawa yang tepat.

B.      Materi Ajar

Teks  percakapan

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
  2. Student Active Learning (SAL).

D.      Langkah-langkah Kegiatan

1.       Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi kelima belas.

2.       Kegiatan Inti

·        Siswa membentuk dalam kelompok dan setiap kelompok berdiskusi menyelesaikan teks drama
·        Siswa mennyimpulkan isinya dengan bimbingan guru.

3.       Kegiatan Penutup
Menggabungkan kalimat-kalimat sehingga menjadi dialog yang menarik.

E.      Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).



F.       Penilaian
Teknik                                           :               Tulisan.




Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                 NIP. 19611120 198201 1 008




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)


Standar Kompetensi
Mendengarkan :
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan cerita teman, cerita rakyat, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegemaran.

Kompetensi Dasar

Mendengarkan/Nyemak

Melakukan pembacaan geguritan

Indikator

Menjelaskan isi geguritan


  1. Tujuan Pembelajaran
  1. Murid mampu membaca kosa kata dengan lafal dan nada yang benar.
  2. Murid mampu memahami arti kosa kata dan isi teks yang dibaca.
  3. Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks.

  1. Materi Ajar

Teks  geguritan


  1. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
  2. Student Active Learning (SAL).

  1. Langkah-langkah Kegiatan

  1. Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran sesi keenam belas.

  1. Kegiatan Inti

·        Siswa mendengarkan geguritan  yang dibaca guru
·        Siswa menjelaskan isi geguritan secara bersama-sama

  1. Kegiatan Penutup
a.       Menjawab pertanyaan-pertanyaan tertulis.
b.       Membahas jawaban bersama-sama.

  1. Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).



  1. Penilaian
Teknik                                           :               Pelafalan, nada, artikulasi, dan tertulis..

Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)


Standar Kompetensi
Berbicara :
Mampu memahami cerita, puisi dan drama serta dapat memberikan kesan dan dapat mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan.

Kompetensi Dasar

Berbicara/Micara

Mengungkap kesan yang paling menarik dari cerita drama geguritan

Indikator

Menceritakan isi cerita drama, geguritan                   


A.      Tujuan Pembelajaran
1.                               Murid mampu mendengar dan mengerti arti dari kosa kata dan dengan baik.
2.       Murid mampu menyimak kalimat dan teks yang dibacakan guru.

B.      Materi Ajar

Teks  drama

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontektual.
  2. Student Active Learning (SAL).

D.      Langkah-langkah Kegiatan
 Pertemuan kedelapan belas
  1. Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi ketujuh belas.

  1. Kegiatan Inti

·        Siswa dibagi kelompok sesuai dengan drama
·        Setiap kelompok secara bergantian memerankan drama dan menyimpukan isi dari drama tersebut. Sementara siswa lain memberi tanggapan yang dilontarkan teman.

  1. Kegiatan Penutup
Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks yang didengar.
E.      Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).


F.       Penilaian
Teknik                                   :               Tertulis.

Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)



Standar Kompetensi
Membac :
Mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan teknik membaca bersuara, membaca indah, membaca cepat, dan membaca huruf  Jawa.

Kompetensi Dasar

Membaca/Maca

Membaca cepat

Indikator

Menjawab pertanyaan bacaan

Menyimpulkan isi bacaan

A.      Tujuan Pembelajaran
  1. Murid mampu menceritakan tentang etika menelepon.
  2. Murid mampu bertanya jawab tentang telepon.
  3. Murid mampu mengucapkan pernyataan sopan dengan benar.
  4. Murid mampu merespon pertanyaan sopan.

B.      Materi Ajar

Teks bacaan


C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
  2. Student Active Learning (SAL).

D.      Langkah-langkah Kegiatan

1.       Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi kedelapan belas.

2.       Kegiatan Inti

·        Secara bergiliran, siswa berlatih membaca bersuara dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
·        Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
·        Siswa secara bersama-sama menyimpulkan isi bacaan tersebut

3.       Kegiatan Penutup
Merespon pertanyaan dengan sopan.

E.      Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).


F.       Penilaian
Teknik                                           :               Pertunjukkan.

Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)


Standar Kompetensi
Menulis : Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa..

Kompetensi Dasar

Menulis/Nulis

Menulis surat
Indikator

Menulis surat ijin tidak masuk sekolah dengan memperhatikan bagian-bagian surat serta ejaan yang benar

A.      Tujuan Pembelajaran
  1. Murid mampu membuat dan menyusun kalimat sederhana dalam sebuah dialog dengan aksara Jawa.
  2. Murid mampu membuat kalimat sederhana dengan benar.

B.                              Materi Ajar

Teks  surat pribadi

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
  2. Student Active Learning (SAL).

D.      Langkah-langkah Kegiatan
               
1.       Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi kesembilan belas.

2.       Kegiatan Inti

·        Siswa berlatih membuat surat dengan memperhatikan bagian-bagian surat di bantu oleh guru
·        Siswa menanyakan kesulitan-kesulitan dan dipecahkan secara bersama-sama

3.                               Kegiatan Penutup
Membahas dialog yang telah dibuat secara garis besar.

E.                              Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).



F.                               Penilaian
Teknik                                   :               Tulisan.




Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)


Standar Kompetensi
Membaca         :
Mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan teknik membaca bersuara, membaca indah, membaca cepat, dan membaca huruf  Jawa.

Kompetensi Dasar

Membaca/Maca

Mendengarkan cerita teman tentang pengalaman

Indikator

Menulis ringkasan ceritan   

Menceritakan kembali isi cerita dengan kata-kata sendiri

  1. Tujuan Pembelajaran
Murid mampu membaca dan mengucapkan kata-kata dengan nyaring dan tepat.

  1. Materi Ajar

Teks  cerita

  1. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
  2. Student Active Learning (SAL).

  1. Langkah-langkah Kegiatan

  1. Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran sesi kedua puluh.

  1. Kegiatan Inti
·       Siswa mendengarkan cerita dari guru
·       Secara individual, berlatih menceritakan kembali bacaan yang dibacakan oleh guru.

  1. Kegiatan Penutup
1.       Menjawab pertanyaan-pertanyaan tertulis.
2.       Membahas jawaban bersama-sama.

  1. Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).


  1. Penilaian
Teknik                                           :               Pelafalan, nada, artikulasi, dan tertulis.


Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)


Standar Kompetensi
Berbicara :
Mampu memahami cerita, puisi dan drama serta dapat memberikan kesan dan dapat mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan.

Kompetensi Dasar

Berbicara/Micara

Bercerita atau menjelaskan pengalaman yang menarik

Indikator

Menceritakan penglaman pribadi

A.                              Tujuan Pembelajaran
1.       Murid mampu mengucapkan kata-kata dengan benar.
2.       Murid mampu melakukan instruksi yang didengar.
3.       Murid mampu memahami kosa kata, kalimat, dan teks yang didengar.

B.                              Materi Ajar

Cerita Pengalaman

C.                              Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
  2. Student Active Learning (SAL).

D.                              Langkah-langkah Kegiatan
                .
  1. Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi kedua puluh satu.

  1. Kegiatan Inti

·         Secara bergantian siswa menceritakan pengalaman yang paling menarik.
·         Siswa diminta memberi tanggapan dari cerita yang dibaca temannya.

  1. Kegiatan Penutup
Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan percakapan yang didengar.

E.                              Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).


F.                               Penilaian
Teknik                                           :               Pelafalan dan tertulis.

Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)


Standar Kompetensi
Mendengarkan :
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan cerita teman, cerita rakyat, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegemaran.

Kompetensi Dasar

Mendengarkan/Nyimak

Mendengarkan cerita tentang pengalaman

Indikator
Menyimpulkan isi cerita
Menanggapi isi cerita.


A.                              Tujuan Pembelajaran
  1. Murid mampu menyebutkan harga dengan ucapan yang benar.
  2. Murid mampu bertanya jawab dengan guru.
  3. Murid mampu mengucapkan pernyataan sopan dengan benar.
  4. Murid mampu merespon pertanyaan sopan
B.      Materi Ajar

Cerita pengalaman


C.                              Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terintegrasi dan kontekstual.
  2. Student Active Learning (SAL).

D.                              Langkah-langkah Kegiatan

1.       Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi kedua puluh dua.

2.       Kegiatan Inti

·         Setiap siswa menceritakan pengalaman yang menarik ataupun sedih.
·         Teman yang lain memberikan tanggapan dari cerita temannya dan memberikan simpulan dari cerita tadi.

3.       Kegiatan Penutup
        Menjawab pertanyaan sopan

E.      Sumber/Bahan Relajar
  1. Buku
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS).


F.                               Penilaian
Teknik                                           :               Lisan.

Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : SDN GADING I
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas                                      : IV (Empat)
Semester                                : II (Dua)
Alokasi waktu                      : 2 x 35 menit (1 pertemuan)


Standar Kompetensi
Berbicara               :
Mampu memahami cerita, puisi  dan drama serta dapat  memberikan kesan mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan.

Kompetensi Dasar

Berbicara/Micara

Bercerita menjelaskan pengalaman yang menarik

Indikator

Menceritakan pengalaman pribadi
Menjawab pertanyaann yang diajukan secara lisan



A.                  Tujuan Pembelajaran
1.                   Murid mampu menuliskan kosa kata dan teks yang didengarnya dengan aksara Jawa.
2.                   Murid mampu menuliskan kembali kalimat yang didengarnya dengan aksara Jawayang tepat.

B.                  Materi Ajar

Cerita pengalaman menarik

C.                  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.                   Terintegrasi dan kontekstual
2.                   Student Active Learning (SAL).

D.                  Langkah-langkah Kegiatan
 .
1.                   Kegiatan Awal
Guru mengulang pelajaran pada sesi kedua puluh tiga.

2.       Kegiatan Inti

·         Secara bergantian siswa menceritakan pengalaman pribadinya
·         Setiap siswa saling mengajukan pertanyaan dan teman yang lain menjawabnya.

3.                   Kegiatan Penutup
Membuat paragraf pendek dengan aksara Jawa.

E.                  Sumber/Bahan Relajar
1.                                                             Buku
2.                                                             Lembar Kerja Siswa (LKS).


F.                                                                         Penilaian
Teknik                                           :               Tulisan.


Mengetahui,                                                                                        Surabaya,   Januari 2010
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas IV C




HERI PURWANTO, S.Pd                                                          Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP. 19620209 198201 1 007                                                  NIP. 19611120 198201 1 008


Tidak ada komentar:

Posting Komentar