K13





Format Silabus Edisi 04-03-2013
 

SILABUS KELAS: I (satu)


Satuan Pendidikan         : SDN BULAK RUKEM I NO. 258
Kompetensi Inti*
 KI 1 :   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
 KI 2 :   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
 KI 3:  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4  :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Tema
Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
TEMA 1
Pendidikan Pancasila dan Kewargaanega-raan
1.1          
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

Diri Sendiri
Kegiatan pembelajaran ini akan dilakukan selama 4 minggu.

Pembelajaran
·     Mengamati gambar , foto atau alat peraga langsung diri sendiri atau diri teman
·     Saling bertanya dengan teman sebangku tentang identitas diri, ciri-ciri tubuh, kesukaan, guna panca indra dan anggota tubuh dll
·     Bernyanyi lagu anak yang berhubungan dengan diri sendiri    ( Misal : Dua mata saya, Aku punya tangan dan kaki, Berbaris , Oh ibu , Selamat Pagi Bu Guru dll )
·     Mengumpulkan data tentang  identitas diri, ciri-ciri tubuh, kesukaan, guna panca indra dan anggota tubuh dll baik secara kelompok maupun individual
·     Mengkomunikasikan hasil pengumpulan data melalui tulisan sederhana dan atau gambar ( persamaan dan perbedaan yang ada)
·     Mendiskusikan cara bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya
·     Mengkomunikasikan cara bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya
·     Menghubungkan gambar ( Misal : berdasarkan jumlah, kegunaan, dll )
·     Mewarnai gambar yang berhubungan dengan diriku ( Misal : panca indra, anggota tubuh, binatang / mainan kesayangan dll )
·     Menirukan kata yang diucapkan  guru yang ditunjukkan dengan kartu kalimat, kartu kata, kartu suku kata dan kartu huruf dll )
·     Membaca teks cerita bergambar
·     Menenmukan jumlah huruf tertentu pada teks bacaan bergambar dan menuliskannya lambang bilangannya
·     Menggambar benda/ binatang kesayangan
·     Bercerita tentang mainanku dan cara merawatnya
·     Membilang benda 1-20
·     Menyimak penjelasan guru cara menulis bilangan maupun huruf dengan benar
·     Menuliskan lambang bilangan 1-20
·     Menghubingkan gambar dengan sejumlah benda
·     Mengkomunikasikan bilangan terbesar dan terkecil dari deretan bilangan
·     Mengurutkan bilangan dari yang terkecil dan atau dari yang terbesar
·     Menceritakan cara merawat panca indra, tubuh dan anggota tubuh
·     Mempraktekkan cara menggosok gigi
·     Mengamati gambar akibat tidak merawat diri ( tiak merawt gigi, rambut, kulit dll )
·     Mendiskusikan akibat jika tidak merawat diri
·     Menyimak cerita tentang tidak merawat diri
·     Menghubungkan gambar akibat tidak merawat diri
·     Menulis kata ( Misal : bagian diriku, benda/binatang kesayangan, mainan, akibat tidak merawat diri dll )
·     Melakukan gerakan / menari sesuai irama yang didengarnya
·     Menyimak dialog  tentang cara memperkenalkan diri dengan santun.
·     Mengumpulkan data tentang kalimat sapaan yang tepat pada waktu bertemu teman, orang tua, orang dewasa lainnya pada waktu tertentu
·     Bermain peran jika bertemu teman, orang tua atau orang dewasa lain
·     Mengkomunikasikan sapaan yang tepat pada waktu tertentu
·     Gerak dan Lagu ( Misal Tepuk Tangan, Inilah aku dll )
·     Menirukan gerakan senam dengan atau tanpa iringan musik.
·     Membentuk benda/ binatang kesayanga/mainan/orang dll dengan bahan lunak
·     Membuat asesoris dari bahan sisa ( misal membuat pita dari kain sisa dll ) dengan cara melipat menggunting menempel.


·      Observasi
·      Unjuk kerja
·      Hasil karya
·      Tes Lisan
·      Tes tertulis

4 x 26 JP
·     Buku Tematik Kelas IV
·     Media gambar
·     Bahan sisa ( kain, kancing baju dll )
·     Benda-benda sebenarnya              
·     Kartu kalimat, kartu kata, kartu suku kata, kartu huruf, kartu angka
·     Foto diri
·     VCD/DVD/foto
·     Buku cerita bergambar
·     Teks lagu

2.1          
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.3.
Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah


3.3
Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah
3.4
Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah


4.3
Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
4.4
Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah




Bahasa Indonesia
1.2
Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar





2.2
Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.3
Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.4
Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah






3.1
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.2
Menegenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3
Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.






4.1
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.2
Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3
Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian




2.       Matematika
2.1          
Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan





3.1          
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.6
Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit






4.1.   
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
4.9
Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya





Seni Budaya dan Prakarya
1.1          
Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan





2.1          
Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni







3.1          
Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
3.2          
Mengenal  pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis







4.1 
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.7
Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
4.14
Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel bentuk pola dan alur sederhana






Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
1.1          
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai







2.1.   
Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan

2.2.   
Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas







3.1
Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia dan kegunaannya.
3.3
Memahami pengertian pola gerak dasar seperti gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif.
3.4
Mengetahui cara menjaga  kebersihan diri yang meliputi kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki  serta pakaian,




































4.6
Mempraktikkan pola gerak dasar senam sederhana menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
















SILABUS KELAS IV

Satuan Pendidikan       : SDN BULAK RUKEM I NO.258
K I   1.   :    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
K I   .2   :    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI    3.   :    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan  menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI    4    :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia



Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Tema
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar



 T  E  M  A        1



PPKn


1.1.
Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar

Indahnya Kebersamaan

Kegiatan Pembelajaran dalam tema Indahnya kebersamaan akan dilaksanakan selama  5 minggu

Pembelajaran

·           Mengamati  ragam  pakaian adat Indonesia
·           Menyimak tanggapan yang disampaikan teman tentang keberagaman : pakaian adat, lagu daerah, pagelaran budaya, alat musik, upacara adat   hubungannya  dengan semboyan bangsa Indonenesia berbeda tetapi tetap satu
·           Tanya jawab tentang  ragam pakaian adat  yang ada di Indonesia berkaitan dengan jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia.
·           Membaca sekilas  teks bacaan tentang upacara adat
·           Membandingkan gagasan pokok yang ditentukan sendiri dengan gagasan pokok yang ditulis teman
·           Tanya jawab tentang  ragam pakaian adat  yang ada di Indonesia berkaitan dengan jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia.
·           Mengumpulkan data tentang pakaian adat asal murid, syair lagu daerah, upacara adat, alat musik daerah, suku-suku bangsapagelaran budaya.
·           Mengamati ragam alat musik daerah ,rumah adat, macam-macam agama di Indonesia, suku bangsa, makanan khas, tarian
·           Mencari informasi tentang sumber bunyi
·           Menyimpulkan jenis-jenis  benda sebagai sumber bunyi yang menghasilkan bunyi
·           Eksperimen  membuat alat musik dari bahan daur ulang
·           Percobaan Perambatan bunyi pada benda padat
·           Esplorasi sumber –sumber bunyi dan menemukan sifat-sifat bunyi.
·           Mencari sumber bunyi harmonis  melalui permainan  alat musik tanpa arahan guru dan  dengan arahan guru
·           Menguji  Rambatan Bunyi Melalui Air
·           Mendiskusikan cara memainkan alat musik sehinngga menghasilkan nada yang harmonis                  ( menjadi sumber bunyi yang harmonis )
·            Menyampaikan tanggapan hasil eksperimen  cara
·           memainkan alat musik yang harmonis
·           Bekerja kelompok mendiskusikan hasil eksperimen  rambatan bunyi pada benda padat
·           Mengkomunikasikan hasil eksperimen dan diskusi kelompok menyimpulkan  sumber bunyi yang harmonis dari alat musik tradisional ; perambatan bunyi pada benda padat dalam bentuk laporan  ilmiah.
·           Mendiskusikan bagian indra pendengar
·           Mengkomunikasikan hasil eksplorasi  dan atau  diskusi kelompok menyimpulkan  perambatan bunyi pada benda cair/ air  dalam bentuk laporan  ilmiah.
·           Mengamati permainan teman ktika bermain peran mempercakapkan ragam pakaian adat,
·           Menyimak tanggapan teman tentang pengertian kalimat tanggapan dan fungsinya
·           Menyimak penjelasan budaya daerah tentang gotong royong dan pantun
·           Menyimpulkan tentang pengertian dan ciri-ciri pantun
·           Menyimak penjelasan mengenai tata cara penulisan tanda baca  dalam  naskah dialog
·           Menyusun kalimat tanya
·           Menyimak tata cara menyusun kalimat langsung maupun tak langsung
·           Mengumpulkan data tentang kalimat langsung maupun tak langsung
·           Membaca   teks bacaan tentang lompat batu Pulau Nias
·           Membuat kalimat tak langsung dari kalimat langsung yang ada
·           Membaca  teks bacaan tentang. Kebudayaan, Kesenian, dan Kebersamaan
·           menemukan gagasan utama dari setiap paragraf
·           Menyimpulkan hasil diskusi berdasarkan eksplorasi bacaan tentang kalimat utama pada setiap paragraf
·           Meringkas teks bacaan tentang. Kebudayaan, Kesenian, dan Kebersamaan
·           Menjawab pertanyaan  alasan adanya perbedaan budaya
·           Menyusun karangan tengan pengalaman melihat pertunjukkan kesenian daerah
·            Membuat brosur tentang ajakan menyaksikan pagelaran budaya
·           Mengumpulkan data tentang pakaian adat asal murid, syair lagu daerah, upacara adat, alat musik daerah, suku-suku bangsapagelaran budaya.
·           Menyimpulkan bahwa keberagaman itu indah  dan cara mensikapi keberagaman tersebut
·           Mengidentifikasi ciri-ciri khusus provinsi siswa bedaraskan makanan, bahasa, pakaian dan tarinya
·           Menyanyi lagu daerah
·           Menyimak pengumuman yang dibacakan teman
·           Menyimpulkan isi pengumuman yang didengarnya
·           Meneruskan informasi berantai dari teman tentang suatu pengumuman
·           Membuat naskah drama
·           Mengkomunikasikan naskah drama yang disusunnya dalam permainan drama sederhana
·           Mengamati  simbol pancasila
·           Mengkomunikasikan  perilaku yang mencerminkan nilai-nilai pancasila
·           Menjawab pertanyaan guru tentang makna sila-sila dalam Pancasila
·           Mendiskusikan dalam kelompok makna sila dalam Panaila dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari
·           Mengkomunikasikan slogan yang dibuatnya
·           Mempresentasikan slogan yang dibuat siswa tentang pengamalan  Pancasila
·           Mengamati pasar tradisional dan melihat kegiatan yang  terjadi di pasar.
·           Menyampaikan  saat perlunya sebuah bilangan dilakukan  pembulatan
·            Mengamati panca indra baik secara langsung maupun melalui gambar
·           Menyimpulkan  fungsi  fungsi panca indra ( telinga
·           Mengamati gambar bencana alam
·           Mengumpulkan data tentang bencana alam yang terjadi di Indonesia
·           Menyampaikan cara mensikapi jika ada bencana alam baik secara lisan maupun tertulis
·           Mengkomunikasikan dengan gambar dan lisan permasalahan sosial yang aktual yang ada dalam masyarakat
·           Menaksir hasil operasi  bilangan
·           Menyampaikan  saat perlunya sebuah bilangan dilakukan  pembulatan
·           Menaksir penjumlahan bilangan untuk memperkirakan hasil perhitungan.
·           Menaksir hasil pengurangan untuk memperkirakan hasil perhitungan
·           Menaksir hasil operasi  bilangan.   Bercakap-cakap tentang pengertian dan fungsi kalimat tanggapan
·         Menyimpulkan pengertian  dan fungsi kalimat tanggapan’
·         Mencari informasi tentang peristiwa sumpah pemuda dari berbagai sumber ( media cetak, media elktronik dll
·         Bermain peran .tentang Sumpah Pemuda dll
·          Melakukan gerakan sesuai instruksi guru
·         Latihan Lari estafet
·         Melakukan  gerakan dasar senam irama      ( kayang, kopstand  dll )
·          Menggambar pemandangan alam
  
     
..  

.  


.



·       Observasi
·       Portofolio
·       Tes lisan, terulis dan perbuatan
 5 x 32 JP
·     Buku Tematik Kelas IV
·     Media gambar
·     Casette tape recorder
·     Bahan daur ulang
·     Langsung kunjungan edukatif  di pasar
·     Benda-benda yang menghasilkan sumber bunyi : alat musik, peluit dll
·     Perlengkapan untuk eksperimen ( bahan daur ulang, kaleng, benang dll )
·     Langsung diri sendiri maupun diri teman
·     Surat kabar, majalah, tabloid, print out internet dll
·     Alam sekitar

1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah  Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.1          
Memahami makna dan keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh

3.4.
Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat


3.5.
Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Hindu Buddha



4.1          
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh

4.4.
Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar

4.5.
Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Hindu Buddha dalam kehidupan di masyarakat

Bahasa Indonesia
1.1          
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan




2.1.
Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa Indonesia





3.1.
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku


4.1.
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Matematika
2.1
Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran




2.3
Menunjukkan perilaku adil dalam membagi suatu benda kepada teman sekelompok dengan rata-rata jumlah yang sama




3.2
Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan




3.11
Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian




4.1
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta memeriksa kebenarannya



IPA
1.1.
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya



3.4.
Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari



3.5
Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran




4.4.
Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi



IPS
1.2
Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat






2.3
Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya


3.5
Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi


4.5.
Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Seni Budaya dan Prakarya
1.1.
Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan





2.1
Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni






3.1
Mengenal tempat- tempat industri, bersejarah, dan seni pertunjukan di daerah setempat





4.1
Menggambar alam berdasarkan pengamatan keindahan alam


4.7
Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang harus dikenal


4.8
Memainkan alat musik melodis lagu yang telah dikenal sesuai dengan isi lagu

Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan
1.2.
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta




3.1
Memahami tinggi dan berat badan ideal dan pengaruhnya terhadap pertubuhan dan perkembangan





4.1
Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan  dan lari  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional






4.2.
Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil




4.4.
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand, kayang, dsb) dan  kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar