|
SILABUS KELAS: I (satu)
Satuan Pendidikan :
SDN BULAK RUKEM I NO. 258
Kompetensi Inti*
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
KI
4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Tema
|
Pendekatan Pembelajaran
|
Pendekatan Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
TEMA 1
|
||||||
Pendidikan Pancasila dan Kewargaanega-raan
|
1.1
Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
|
Diri Sendiri
|
Kegiatan pembelajaran
ini akan dilakukan selama 4 minggu.
Pembelajaran
·
Mengamati gambar , foto atau alat peraga langsung diri sendiri atau diri
teman
·
Saling bertanya dengan teman sebangku tentang identitas diri, ciri-ciri
tubuh, kesukaan, guna panca indra dan anggota tubuh dll
·
Bernyanyi lagu anak yang berhubungan dengan diri sendiri ( Misal : Dua mata saya, Aku punya tangan
dan kaki, Berbaris , Oh ibu , Selamat Pagi Bu Guru dll )
·
Mengumpulkan data tentang
identitas diri, ciri-ciri tubuh, kesukaan, guna panca indra dan
anggota tubuh dll baik secara kelompok maupun individual
·
Mengkomunikasikan hasil pengumpulan data melalui tulisan sederhana dan
atau gambar ( persamaan dan perbedaan yang ada)
·
Mendiskusikan cara bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya
·
Mengkomunikasikan cara bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya
·
Menghubungkan gambar ( Misal : berdasarkan jumlah, kegunaan, dll )
·
Mewarnai gambar yang berhubungan dengan diriku ( Misal : panca indra, anggota tubuh,
binatang / mainan kesayangan dll )
·
Menirukan kata yang diucapkan guru yang ditunjukkan dengan
kartu kalimat, kartu kata, kartu suku kata dan kartu huruf dll )
·
Membaca teks cerita bergambar
·
Menenmukan jumlah huruf tertentu pada teks bacaan bergambar dan
menuliskannya lambang bilangannya
·
Menggambar benda/ binatang kesayangan
·
Bercerita tentang mainanku dan cara merawatnya
·
Membilang benda 1-20
·
Menyimak penjelasan guru cara menulis bilangan maupun huruf dengan
benar
·
Menuliskan lambang bilangan 1-20
·
Menghubingkan gambar dengan sejumlah benda
·
Mengkomunikasikan bilangan terbesar dan terkecil dari deretan bilangan
·
Mengurutkan bilangan dari yang terkecil dan atau dari yang terbesar
·
Menceritakan cara merawat panca indra, tubuh dan anggota tubuh
·
Mempraktekkan cara menggosok gigi
·
Mengamati gambar akibat tidak merawat diri ( tiak merawt gigi, rambut,
kulit dll )
·
Mendiskusikan akibat jika tidak merawat diri
·
Menyimak cerita tentang tidak merawat diri
·
Menghubungkan gambar akibat tidak merawat diri
·
Menulis kata ( Misal : bagian diriku, benda/binatang kesayangan,
mainan, akibat tidak merawat diri dll )
·
Melakukan gerakan / menari sesuai irama yang didengarnya
·
Menyimak dialog tentang cara
memperkenalkan diri dengan santun.
·
Mengumpulkan data tentang kalimat sapaan yang tepat pada waktu bertemu
teman, orang tua, orang dewasa lainnya pada waktu tertentu
·
Bermain peran jika bertemu teman, orang tua atau orang dewasa lain
·
Mengkomunikasikan sapaan yang tepat pada waktu tertentu
·
Gerak dan Lagu ( Misal Tepuk Tangan, Inilah aku dll )
·
Menirukan gerakan senam dengan atau tanpa iringan musik.
·
Membentuk benda/ binatang kesayanga/mainan/orang dll dengan bahan
lunak
·
Membuat asesoris dari bahan sisa ( misal membuat pita dari kain sisa
dll ) dengan cara melipat menggunting menempel.
|
·
Observasi
·
Unjuk kerja
·
Hasil karya
·
Tes Lisan
·
Tes tertulis
|
4 x 26 JP
|
· Buku Tematik Kelas IV
· Media gambar
· Bahan sisa ( kain, kancing
baju dll )
· Benda-benda sebenarnya
· Kartu kalimat, kartu kata,
kartu suku kata, kartu huruf, kartu angka
· Foto diri
·
VCD/DVD/foto
·
Buku cerita bergambar
·
Teks lagu
|
2.1
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.3.
Menunjukkan perilaku kebersamaan
dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
||||||
3.3
Mengenal keberagaman
karateristik individu di rumah dan di sekolah
3.4
Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah
dan sekolah
|
||||||
4.3
Mengamati dan
menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
4.4
Mengamati dan menceriterakan keberagaman
karateristik individu di rumah dan sekolah
|
||||||
Bahasa Indonesia
|
1.2
Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan
bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
|
|||||
2.2
Memiliki rasa
percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
2.3
Memiliki
perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
2.4
Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
||||||
3.1
Mengenal teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
3.2
Menegenal
teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan
kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
3.3
Mengenal teks
terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
|
||||||
4.1
Mengamati dan
menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
4.2
Mempraktikkan
teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran
tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3
Menyampaikan
teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
|
||||||
2.
Matematika
|
2.1
Menunjukkan
perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai
prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
|
|||||
3.1
Mengenal bilangan
asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah,
sekolah, atau tempat bermain
3.6
Mengenal
dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda
konkrit
|
||||||
4.1.
Mengemukakan kembali
dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah,
sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
4.9
Mengelompokkan
teman sekelas berdasarkan tinggi badannya
|
||||||
Seni Budaya dan Prakarya
|
1.1
Merasakan keindahan alam
sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
|
|||||
2.1
Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih
mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
|
||||||
3.1
Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
3.2
Mengenal
pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis
|
||||||
4.1
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.7
Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
4.14
Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan
alam melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel bentuk pola dan alur
sederhana
|
||||||
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai
|
|||||
2.1.
Menunjukkan perilaku
percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2.
Menunjukkan perilaku
santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
|
||||||
3.1
Mengetahui bagian-bagian
tubuh manusia dan kegunaannya.
3.3
Memahami pengertian pola
gerak dasar seperti gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif.
3.4
Mengetahui cara
menjaga kebersihan diri yang meliputi
kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan
kaki serta pakaian,
|
||||||
4.6
Mempraktikkan pola gerak
dasar senam sederhana menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang
dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
|
SILABUS KELAS IV
Satuan
Pendidikan : SDN BULAK RUKEM I NO.258
K
I 1. : Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
K
I .2 : Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3. : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Mata
Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Tema
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
T E
M A 1
|
||||||
PPKn
|
1.1.
Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman
agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas,
upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
sekitar
|
Indahnya
Kebersamaan
|
Kegiatan
Pembelajaran dalam tema Indahnya kebersamaan akan dilaksanakan selama 5 minggu
Pembelajaran
·
Mengamati ragam
pakaian adat Indonesia
·
Menyimak tanggapan yang disampaikan
teman tentang keberagaman : pakaian adat, lagu daerah, pagelaran budaya, alat
musik, upacara adat hubungannya dengan semboyan bangsa Indonenesia berbeda
tetapi tetap satu
·
Tanya jawab tentang ragam pakaian adat yang ada di Indonesia berkaitan dengan
jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia.
·
Membaca sekilas teks bacaan tentang upacara adat
·
Membandingkan gagasan pokok yang ditentukan sendiri
dengan gagasan pokok yang ditulis teman
·
Tanya jawab tentang ragam pakaian adat yang ada di Indonesia berkaitan dengan
jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia.
·
Mengumpulkan data tentang pakaian
adat asal murid, syair lagu daerah, upacara adat, alat musik daerah,
suku-suku bangsapagelaran budaya.
·
Mengamati ragam alat musik daerah
,rumah adat, macam-macam agama di Indonesia, suku bangsa, makanan khas,
tarian
·
Mencari informasi tentang sumber
bunyi
·
Menyimpulkan jenis-jenis benda sebagai sumber bunyi yang
menghasilkan bunyi
·
Eksperimen membuat alat musik dari bahan daur ulang
·
Percobaan Perambatan bunyi pada
benda padat
·
Esplorasi sumber –sumber bunyi dan
menemukan sifat-sifat bunyi.
·
Mencari sumber bunyi harmonis melalui permainan alat musik tanpa arahan guru dan dengan arahan guru
·
Menguji Rambatan Bunyi Melalui Air
·
Mendiskusikan
cara memainkan alat musik sehinngga menghasilkan nada yang harmonis ( menjadi sumber bunyi yang
harmonis )
·
Menyampaikan tanggapan hasil eksperimen cara
·
memainkan
alat musik yang harmonis
·
Bekerja
kelompok mendiskusikan hasil eksperimen
rambatan bunyi pada benda padat
·
Mengkomunikasikan
hasil eksperimen dan diskusi kelompok menyimpulkan sumber bunyi yang harmonis dari alat musik
tradisional ; perambatan bunyi pada benda padat dalam bentuk laporan ilmiah.
·
Mendiskusikan
bagian indra pendengar
·
Mengkomunikasikan
hasil eksplorasi dan atau diskusi kelompok menyimpulkan perambatan bunyi pada benda cair/ air dalam bentuk laporan ilmiah.
·
Mengamati permainan teman ktika
bermain peran mempercakapkan ragam pakaian adat,
·
Menyimak tanggapan teman tentang
pengertian kalimat tanggapan dan fungsinya
·
Menyimak penjelasan budaya daerah
tentang gotong royong dan pantun
·
Menyimpulkan tentang pengertian dan
ciri-ciri pantun
·
Menyimak
penjelasan mengenai tata cara penulisan tanda baca dalam
naskah dialog
·
Menyusun kalimat tanya
·
Menyimak tata cara menyusun kalimat
langsung maupun tak langsung
·
Mengumpulkan data tentang kalimat
langsung maupun tak langsung
·
Membaca teks bacaan tentang lompat batu Pulau Nias
·
Membuat kalimat tak langsung dari
kalimat langsung yang ada
·
Membaca teks bacaan tentang. Kebudayaan, Kesenian, dan Kebersamaan
·
menemukan
gagasan utama dari setiap paragraf
·
Menyimpulkan
hasil diskusi berdasarkan eksplorasi bacaan tentang kalimat utama pada setiap
paragraf
·
Menjawab pertanyaan alasan adanya perbedaan budaya
·
Menyusun
karangan tengan pengalaman melihat pertunjukkan kesenian daerah
·
Membuat brosur tentang ajakan menyaksikan
pagelaran budaya
·
Mengumpulkan data tentang pakaian
adat asal murid, syair lagu daerah, upacara adat, alat musik daerah,
suku-suku bangsapagelaran budaya.
·
Menyimpulkan bahwa keberagaman itu
indah dan cara mensikapi keberagaman
tersebut
·
Mengidentifikasi ciri-ciri khusus provinsi siswa bedaraskan makanan, bahasa,
pakaian dan tarinya
·
Menyanyi lagu daerah
·
Menyimak pengumuman yang dibacakan
teman
·
Menyimpulkan isi pengumuman yang
didengarnya
·
Meneruskan informasi berantai dari
teman tentang suatu pengumuman
·
Membuat naskah drama
·
Mengkomunikasikan naskah drama yang
disusunnya dalam permainan drama sederhana
·
Mengamati simbol pancasila
·
Mengkomunikasikan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai
pancasila
·
Menjawab
pertanyaan guru tentang makna sila-sila dalam Pancasila
·
Mendiskusikan
dalam kelompok makna sila dalam Panaila dan pengamalannya dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mengkomunikasikan slogan yang
dibuatnya
·
Mempresentasikan slogan
yang dibuat siswa tentang pengamalan
Pancasila
·
Mengamati pasar tradisional dan
melihat kegiatan yang terjadi di
pasar.
·
Menyampaikan saat perlunya sebuah bilangan
dilakukan pembulatan
·
Mengamati panca indra baik secara langsung
maupun melalui gambar
·
Menyimpulkan fungsi
fungsi panca indra ( telinga
·
Mengamati gambar bencana alam
·
Mengumpulkan data tentang bencana
alam yang terjadi di Indonesia
·
Menyampaikan cara mensikapi jika ada
bencana alam baik secara lisan maupun tertulis
·
Mengkomunikasikan dengan gambar dan
lisan permasalahan sosial yang aktual yang ada dalam masyarakat
·
Menaksir hasil operasi bilangan
·
Menyampaikan saat perlunya sebuah bilangan
dilakukan pembulatan
·
Menaksir penjumlahan bilangan untuk
memperkirakan hasil perhitungan.
·
Menaksir hasil pengurangan untuk
memperkirakan hasil perhitungan
·
Menaksir hasil operasi bilangan.
Bercakap-cakap tentang pengertian dan fungsi kalimat tanggapan
·
Menyimpulkan pengertian dan fungsi kalimat tanggapan’
·
Mencari informasi tentang peristiwa
sumpah pemuda dari berbagai sumber ( media cetak, media elktronik dll
·
Bermain peran .tentang Sumpah Pemuda
dll
·
Melakukan gerakan sesuai instruksi guru
·
Latihan
Lari estafet
·
Melakukan gerakan dasar senam irama ( kayang, kopstand dll )
·
Menggambar pemandangan alam
..
.
.
|
·
Observasi
·
Portofolio
·
Tes lisan, terulis dan perbuatan
|
5 x 32 JP
|
· Buku Tematik Kelas IV
· Media gambar
· Casette tape recorder
· Bahan daur ulang
· Langsung kunjungan edukatif di pasar
· Benda-benda yang menghasilkan sumber bunyi : alat
musik, peluit dll
· Perlengkapan untuk eksperimen ( bahan daur ulang,
kaleng, benang dll )
· Langsung diri sendiri maupun diri teman
· Surat kabar, majalah, tabloid, print out internet
dll
· Alam sekitar
|
1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
|
||||||
3.1
Memahami makna dan keterkaiatan simbol-simbol sila
Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
|
||||||
3.4.
Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah,
sekolah dan masyarakat
|
||||||
3.5.
Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Hindu
Buddha
|
||||||
4.1
Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima
simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
|
||||||
4.4.
Mengelompokkan kesamaan
identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan
khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
|
||||||
4.5.
Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Hindu
Buddha dalam kehidupan di masyarakat
|
||||||
Bahasa Indonesia
|
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana
belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
|
|||||
2.1.
Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi
panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia
|
||||||
3.1.
Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
|
||||||
4.1.
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan
hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
||||||
Matematika
|
2.1
Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti
prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran
|
|||||
2.3
Menunjukkan perilaku adil dalam membagi suatu
benda kepada teman sekelompok dengan rata-rata jumlah yang sama
|
||||||
3.2
Menerapkan penaksiran dalam melakukan
penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil
perhitungan
|
||||||
3.11
Menunjukkan
pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan,
pengurangan, dan perkalian
|
||||||
4.1
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri ,
menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif
permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan
persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
|
||||||
IPA
|
1.1.
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
|||||
3.4.
Membedakan
berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||
3.5
Memahami
sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera
pendengaran
|
||||||
4.4.
Menyajikan
hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
|
||||||
IPS
|
1.2
Menjalankan ajaran
agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan
mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat
|
|||||
2.3
Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya
|
||||||
3.5
Memahami manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
||||||
4.5.
Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
||||||
Seni Budaya dan
Prakarya
|
1.1.
Mengagumi ciri khas keindahan
karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan
|
|||||
2.1
Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
|
||||||
3.1
Mengenal
tempat- tempat industri, bersejarah, dan seni pertunjukan di daerah setempat
|
||||||
4.1
Menggambar
alam berdasarkan pengamatan keindahan alam
|
||||||
4.7
Menyanyikan
solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang harus dikenal
|
||||||
4.8
Memainkan
alat musik melodis lagu yang telah dikenal sesuai dengan isi lagu
|
||||||
Pendidikan jasmani,
olah raga dan kesehatan
|
1.2.
Tumbuhnya kesadaran bahwa
tubuh harus dipelihara
dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
|
|||||
3.1
Memahami
tinggi dan berat badan ideal dan pengaruhnya terhadap pertubuhan dan
perkembangan
|
||||||
4.1
Mempraktikkan kombinasi
gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari
yang dilandasi konsep gerak melalui
permainan dan
atau tradisional
|
||||||
4.2.
Mempraktikkan variasi
dan kombinasi
pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
|
||||||
4.4.
Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam
(seperti: hand stand, kayang, dsb) dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan
dinamis, tumpuan dan gantungan (misalnya:
gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar