Kamis, 03 Oktober 2013

PENILAIAN KINERJA GURU

Penilaian Kinerja Guru sebenarnya suatu kegiatan rotin yang harus dijalani oleh Insan Pendidik. Hanya saja ketika seorang guru diberikan Format Penilaian, selalu merasa menjadi beban tersendiri. Penyebabnya kita tidak terbiasa.untuk mengadakan proses penilaian yang berkelanjutan. Selama model Penilaian Kinerja Guru secara umum terbagi 2 :
1. Penilaian secara administrasi
2. Penilaian KBM
Secara administrasi ada 25 item untuk format penilaian kinerja guru. Penilaian KBM meliputi sebelum, saat kegiatan, dan sesudah/tindak lanjut. Sebelum penilaian KBM guru menyampaikan data-data yang akan diverifikasi oleh KS. Data tersebut meliputi hasil belajar siswa sebelumnya, KKM, Silabus, RPP, Materi, Media, Pendekatan, Metode, dan Jenis-jenis evaluasi. Hala-hal tersebut harus direcord terlebih dahulu untuk mendapatkan kondisi nyata pada disi siswa, guru, dan sanpras. Kematangan dalam penyiapan data akan berdampak pada kelancaran KBM. Kondisi KBM sebagai action guru apabila disiapkan dengan matang akan berbuah pembelajaran PAKEM yang hasilnya akan menguntungkan semua pihak. Pelan dan pasti capaian EDS akan meningkat. Tidak kalah pentingnya adalah tindak lanjut. Apakah setelah menyiapkan Penilaian Kinerja KBM, pola mengajar guru akan meningkat atau minimal seperti apa yang telah ditampilkan pada saat Penilaian ? Atau guru kembali lagi ke jalan yang benar, yaitu biasa-biasa saja ? Semoga dunia pendidkan kita meningkat karena guru-guru kembali Ikhlas dalam menjalankan profesinya yang semata-mata demi kepentingan anak bangsa yang terus berkembang seiring dengan globalisasi.
Kamis, 3 Oktober 2013, KS mengajak diskusi dengan guru-guru bagaimana cara mengajar yang profesional sesuai dengan kemampuan guru dan sanpras yang ada. Dari 14 guru yang diajak diskusi, 4 orang menyampaikan ide-idenya tentang bagaimana memulai suatu pembelajarn yang bermakna. Dua orang menyampaikan keluhan tentang proses Mengajar SBK. Satu orang tentang Bahasa Jawa. Yang lain masih merenung untuk mendapatkan ide-ide baru. Semoga ide-ide tersebut segera muncul dan tidak terlambat dalam mengantisifasi kemajuan jaman di bidang IPTEK. Ayo bapak/ibu guru SDN Bulak Rukem I tetap semangat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sampai akhir hayat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar