Senin, 20 Mei 2013

105 TAHUN HARKITNAS

Senin, 20 Mei 2013 genap 105 tahun berdirinya organisasi Budi Utomo, yang diprakarsai oleh dokter Wahidin Sudirihusodo. Organisasi ini didirikan oleh dokter Sutomo dkk. Setiap tahun Peringatan hari lahir Budi Utomo sebagai Hari Kebangkitan Nasional mulai memudar. Kegiatan Pemasangan bendera satu tiang penuh di tiap-tiap rumah sudah mulai jarang bahkan ada satu kampung nyaris satu orangpun tidak ada yang mengibarkan bendera merah putih. Mulai pagi hingga pukul 09.30 Surabaya diguyur hujan. Untuk SDN Bulak Rukem I tahun ini tidak mengadakan Kegiatan Upacara Bendera karena terkendala oleh Pembangunan dua ruang baru pada lantai 2 sebelah Utara. Namun Peringatan Harkitnas tetap diisi dengan Pemasangan Banner agar siswa, guru, dan masyarakat tidak melupakan jasa-jasa para pahlawan bangsa.
Surabaya banyak menyimpan Wisata Pejuang. Ada Makam Dokter Sutomo, di Jalan Bubutan.Makam WR Supratman di Jalan Tambak Segaran/Kenjeran. Rumah Wafat WR Supratman di Jalan Mangga No.21. Makam Bung Tomo di Makam Umum Ngagel. Rumah HOS Cokroaminoto di Jalan Ngagel Jaya. Rumah Lahir Bung Karno di Pandean IV. Hotel Mojopahit saksi Perobekan Belanda. Stadion Tambaksari bukti rapat akbar 19 September 1945. Jembatan Merah saksi bisu Heoisme Arek-arek Suroboyo. Tugu Pahlawan sebagai tetenger Pengorbanan para Pahlawan. Masih banyak jejak-jejak Pejuang yang harus kita wariskan pada anak didik.
Sekolah harus berani memprogram Wisata Pejuang. Selamat Harkitnas. Semoga perjuangan dokter Sutomo mengilhami generasi masa kini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar