YANG MENARIK BAGI SISWA :
LAMPIRAN TEMATIK :
SK-KD PKn :
B-1
Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
|
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru
|
2.1
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai
dan moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3
Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam
keberagaman di rumah dan sekolah
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2 Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
3.3 Mengenal
keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah
3.4
Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah
dan sekolah
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan
mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
4.3
Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan
sekolah
4.4
Mengamati dan menceriterakan keberagaman
karateristik individu di rumah
dan sekolah
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru
|
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru sebagai perwujud an moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3
Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman
karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di
rumah dan sekolah
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah dan sekolah
3.3
Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
3.4
Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan
mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila
4.2
Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah
4.3
Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan
rumah dan sekolah
4.4
Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah
dan sekolah
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama,
suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tatangganya
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan
memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
2.3
Menunjukkan
perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
sekitar
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
3.2
Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan di sekolah
3.3
Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan
masyarakat
3.4
Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan
masyarakat
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan
mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan sekolah
4.3
Berinteraksi
dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat
4.4
Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah,
sekolah dan masyarakat
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1
Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa,
pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial,
dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya
|
2.1
Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani
mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh
penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan
Republik Indonesia sebagai perwujudan
nilai dan moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan
hak dan kewajiban di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.3
Menunjukkan
perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
2.4
Menunjukkan perilaku bersatu sebagai wujud keyakinan bahwa tempat tinggal
dan lingkungannya sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI)
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1
Memahami makna dan keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam
memahami Pancasila secara utuh
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di
rumah, sekolah dan masyarakat
3.3
Memahami manfaat keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan
masyarakat
3.4
Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari
sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.3
Bekerjasama
dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.4
Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara
adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah,
sekolah dan masyarakat sekitar
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku
bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat,
sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
1.2 Menghargai kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan
bermasyarakat dan berbangsa
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
|
2.1
Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani
mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta
tanah air, dan rela berkorban sebagai
perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum
sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
2.3
Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan atas dasar
musyawarah mufakat
2.4
Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah,
sekolah, dan masyarakat
|
3. Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah
3.3 Memahami keanekaragaman
sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan
rumah sekolah dan masyarakat
3.4 Memahami nilai-nilai
persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
3.5 Memahami Nilai-nilai
Persatuan pada masa Islam
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan
masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.2
Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan
sekolah
4.3
Membantu
masyarakat dalam melaksanakan suatu kegiatan di lingkungan rumah, sekolah,
dan masyarakat tanpa membedakan agama, suku bangsa, dan sosial ekonomi
4.4
Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan
masyarakat
4.5
Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di
masyarakat
4.6
Menyajikan
dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan
keutuhan nasional
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku
bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara
adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
|
2.1
Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dan rela berkorban dalam keluarga,
sekolah dan lingkungan sebagai
perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata tertib, dan aturan sesuai dengan tata urutan peraturan
perundang-undangan Indonesia
2.3
Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan
komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakat
2.4
Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia
|
3. Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Memahami moralitas yang terkandung dalam sila
Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
3.3 Memahami manfaat keanekaragaman
sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di
Indonesia
3.4 Memahami nilai-nilai
persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial,
dan budaya
3.5 Memahami Nilai-nilai
Persatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan
3.6 Memahami saling
ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Memberikan contoh pelaksanaan nilai-nilai dan moral Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat
4.2
Melaksanakan kewajiban menegakkan aturan dan menjaga ketertiban di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.3
Melaporkan secara lisan dan tulisan keterlibatan kerja sama dengan
anggota masyarakat yang beragam dalam melaksana kan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.4
Menerapkan nilai-nilai persatuan
dan kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
4.5 Menerapkan nilai-nilai
persatuan dan kesatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan
kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Menyajikan realita
keberagaman untk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan
mengokohkan kehidupan kebangsaan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar