Kamis, 18 April 2013

SEMINAR SINEMATOGRAFI

Kamis, 18 April 2013 di Restoran Taman Sari Indah, Jl. Taman Apsari No. 3 dan 5 pukul 15.00 - pukul 18.00. Dari SDN Bulak Rukem I No.258 ikut Ibu Nurkansiyah dan P.Rudy. Walau nara sumber sinema tidak hadir secara langsung ( hanya melalui rekaman ) tidak mengurangi antusias para peserta.
Acara diawali dengan pemaparan oleh psikolog yang intinya tolong dibedakan antara minat dan bakat. Minat merupakan faktor paling penting dalam mendukung keberadaan bakat. Tanpa Minat, bakat tak akan berkembang.
Dari "Biskuat Kreasi Semangat" memberikan motivasi kepada peserta untuk ikut mengambangkan minat dan bakat siswa di bidang Sinematografi atau perfilman Indonesia. Ari Sihasale/Nia Zulkarnain hadir dalam bentuk rekaman karena pada saat yang bersamaan harus shoting di Jakarta.
Kegiatan ini dapat dilihat di : http://biskuatsemangat.com
KEGIATAN LOMBA TERSEBUT ADA DI BAWAH INI (sumber dari : www.biskuatsemangat.com)

7 Unsur Dalam Pembuatan Film

Unsur-Unsur dalam Film
Semua orang pasti suka nonton film. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya siapa saja yang terlibat di dalamnya? Sebuah film merupakan hasil kerjasama banyak pihak dengan berbagai profesi. Ini saatnya kamu beraksi dalam film pertama yang dibuat anak Indonesia. Cari tahu profesi apa yang kamu suka!.

1. Sutradara
Sutradara bertugas memberikan arahan kepada semua orang yang terlibat dalam pembuatan film. Dia bertanggung jawab menterjemahkan naskah hingga akhirnya menjadi visual yang biasa dinikmati sebagai film.
2. Penulis Naskah
Film yang bagus, berawal dari cerita yang bagus. Cerita yang bagus itu ditulis oleh penulis naskah menjadi tulisan yang memuat dialok percakapan dan situasi adegan. Naskah yang bagus menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah film.
3. Juru Kamera (Kameramen)
Tugas kameramen adalah merekam gambar. Dia bertanggung jawab mendapatkan gambar yang bagus sehingga film menjadi menarik untuk ditonton. Cerita yang bagus tanpa ditunjang gambar yang bagus, tidak akan menjadi film yang bagus.
4. Komposer Musik Soundtrack
Penahkah kamu menonton sebuah film dan terus teringat lagu dalam film itu? Tugas komposer musik Soundtrack adalah menemukan lagu/musik yang tepat sesuai dengan tema film agar film semakin menyenangkan untuk ditonton.
5. Penata Artistik
Kalau kita menonton film, setiap adegan di dalam film pasti memiliki set dan berbagai barang yang menunjang situasi. Nah, tugas penata artistik adalah menentukan set serta barang-barang tepat untuk setiap adegan.
6. Aktor/Aktris
Aktor/aktris yang tepat menjadi salah satu faktor terpenting menentukan keberhasilan sebuah film. Seorang aktor aktris harus bisa melakukan seni peran dan menghayatinya sesuai dengan karakter yang ada di naskah.
7. Penata Kostum
Kostum adalah identitas diri. Contohnya saja dalam film superhero, setiap kostum disesuaikan kepribadian si jagoan. Karena itu pemilihan kostum sangat penting. Tugas penata kostum adalah menentukan kostum yang tepat seusai dengan karakter tiap pemeran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar